Film Silat ala Asia Timur

Entah kenapa saya doyan banget nonton film-film silat kolosal dari Asia Timur, entah itu dari Jepang, Cina, Taiwan, Hongkong, Korea. Pokoknya film-film itu selalu berkesan buat saya.

Inget dulu pas masih kecil (sekitar 8-10 tahun), kalo ke bioskop, pasti yang dicari film silat Cina. Entah apa judulnya Holly Sowrds, Swordsman, Three Swordsmen, Drunken Master, Fong Sai Yuk, Once Upon A Time in China, etc. Dari situ saya kenal sama Andy Lau, Jet Li, Brigette Lins, dll. Kalo pas nonton film itu, dalam hati saya selalu berdecak kagum dan membatin, “Gila, keren banget! Aku juga mau bisa terbang kayak begitu!”

Sampai sekarang pun saya masih senang nonton film silat kolosal ala Asia Timur. Sekarang Cina udah bisa bikin film yang super duper keren dibanding keluaran Hongkong yang dari hari ke hari makin cupu aja produksinya (eg: Kungfu Dunk!). Korea belum lama ini ngeluarin The Restless. Baru sempat saya tonton kemaren DVD-nya, setelah sejak 3 bulan yang lalu saya menaruh DVD tersebut di kotak “Watch ASAP!” milik saya.

Ciri khas film silat kolosal ala Asia Timur, melankolik, namun menegangkan kalo udah beradu pedang. Nggak ada satupun film Hollywood yang bisa nandingin the art of duel dari film-film Asia Timur. Apalagi kalo dibandingin ama Wiro Sableng atau Legenda Gunung Merapi produksi dalam negeri. Ya ampuuuunnn… Males banget!

Terus judul lain yang cukup berkesan buat saya adalah “The Curse of Golden Flower” arahan sutradara Cina legendaris, Zhang Yimou. Arghh… Saya mengalami cinematic orgasm pas nonton film ini. Meski saya juga tidak meremehkan karya fenomenal Ang Lee, “Crouching Tiger, Hidden Dragon”.

Lagi-lagi pertanyaan klasik buat bangsa kita, mampukah kita memproduksi film silat kolosal dengan kualitas yang nggak kalah keren dengan film-film Cina? Lha wong, Korsel aja udah sukses buat The Restless yang nggak kalah keren dengan ciri khas Korea yang sama sekali nggak luntur. Indonesia bisa nggak? Materi kita kan banyak sebenernya… Hmmm. Think about it!!

3 responses to “Film Silat ala Asia Timur

  1. Nang, kata penutupnya Think about it! tuh ‘abraham lembang’ banget deh.. pernah ikut seminar dia yah ?? hehehe…
    Gw suka tuh istilah : cinematic orgasm… movie freak banget.. 🙂

  2. @hawe69
    Abraham Lembang tuh siapa ya? Hehe, ora mudeng,,, sebenernya itu istilah yg sering dipake ama anak-anak sinema indonesia. Tapi mereka sekarang lenyap seperti ditelan bumi…

Leave a comment